MY CAR DESIGN (Part 1 )
MY CAR DESIGN (Part 1)
Skoda Motorsport memiliki salah satu sistem penggerak 4x4 tercanggih didunia
Sebagai mobil reli di kelas R5, sistem gerak 4x4 merupakan syarat mutlak agar dapat bersaing dikelas ini. Skoda Motorsport sebagai anak perusahaan dari VW Group memiliki salah satu sistem penggerak 4x4 tercanggih didunia. Sistem ini dapat mengoptimalkan traksi dengan membagi saluran tenaga mesin.
Pilihan Ban & Sistem Pengereman
Ban dan pelek serta sistem rem dibedakan dengan trek yang hendak dilalui
Skoda Fabia R5 2019 menggunakan setup yang dapat berbeda-beda sesuai dengan trek yang hendak dilalui. Untuk tertentu, rem keluaran Brembo yang aseli Italia dipasang dengan diameter sesuai dengan kebutuhan. Untuk penjelasan lengkapnya, kami sudah tulis di boks spesifikasi.
Suspensi
Suspensi Skoda Fabia R5 2019 pakai tipe 3 way suspension
Demi memaksimalkan rebound, compress, dan low speed serta high speed rebound, maka mobil reli Skoda Fabia R5 2019 ini pakai suspensi tipe 3 way yang memungkinkan setup itu semua. Maka tak heran, jika mobil reli dapat melibas berbagai kondisi jalan dengan sangat cepat dan bodi mobil seolah tidak goyang sama sekali.
2. OPERASI SKODA FABIA R5 2019
Sistem direct injection langsung 'menyemprot' bahan bakar ke kepala piston
Banyak berbagai pertimbangan yang dilakukan oleh engineer dari Skoda Motorsport menggunakan sistem pasokan bahan bakar direct injection. Salah satunya adalah mengoptimalkan pembakaran, karena bahan bakar tidak melewati jalur apapun di ruang bakar selain ke kepala piston. Sistem ini akan membuat pembakaran lebih sempurna serta optimal, dan pada akhirnya akan membuat tenaga menjadi besar.
Twin scroll turbocharger digunakan untuk memasok udara di mobil Skoda Fabia R5 2019
Karakteristik trek reli yang beragam, otomatis membutuhkan akselerasi mobil yang instan pula. Maka, engineer dari Skoda Motorsport juga menyematkan sistem peniup udara paksa alias turbo dengan tipe twin scroll. Twin scroll turbocharger diklaim memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan dengan sistem single scroll. Meski, membutuhkan dual wasgate, namun keunggulan fast spooling dari turbo jenis ini lebih menguntungkan di trek.
Mesin direct injection 'dikawinkan' dengan girboks 5 percepatan sekuensial kerja sama dengan SADEV
Mesin direct injection buatan Skoda Motorsport yang dipasangkan ke sasis Skoda Fabia R5 2019 ini lantas dipasangkan dengan griboks sekuensial 5 percepatan hasil kerjasama dengan SADEV. SADEV adalah manufuktur pembuat transmisi khusus untuk balap asal Amerika Serikat. Girboks buatan SADEV sudah terkenal kualitas serta durabilitasnya, bahkan mampu menahan torsi hingga 800 Nm.
3. SPESIFIKASI SKODA FABIA R5 2019
Berikut ini adalah spesifikasi Skoda Fabia R5 2019.
Mesin Skoda Fabia R5 2019 | |
Seri mesin | Turbocharger, 4 Cylinder, DOHC |
Pasokan Bahan Bakar | Direct Injection |
Tenaga Maksimum | 281,7 Hp |
Torsi Maksimum | 420 Nm |
Kapasitas Silinder | 1.620 cc |
Sistem Penggerak | 4 Wheel Drive |
Tipe Transmisi | 5 Percepatan Skuensial Girboks by Skoda Motorsport & SADEV |
Rangka Skoda Fabia R5 2019 | |
Panjang X Lebar X Tinggi | 3.994 mm X 1.820 mm X 1.467 mm |
Jarak Sumbu Roda | 2.470 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 133 mm |
Berat Kotor & Berat Dengan Driver | 1.230 Kilogram |
Kapasitas Tangki | 82,5 Liter |
Suspensi/Kaki-Kaki Skoda Fabia R5 2019 | |
Suspensi Depan & Belakang | MacPherson Strut with Adjustable Damper |
Sistem Kemudi | Hydraulic power-assisted rack and pinion |
Rem Depan & Belakang | Disc 355 mm (Aspal) & 300 mm (Gravel) Berpendingin Udara, dengan kaliper 4 piston, tebal disc brake 32 mm |
Struktur Sasis | FIA-conformant reinforced steel with welded multi-point roll cage and composite fibre bodywork components |
Struktur Bodi | Steel and composite fiber panels |
Handbrake | Menggunakan mekanisme hidrolik |
Pelek | Light Alloy by Skoda Motorsport dengan ukuran, lebar 8x18 inch untuk trek aspal, dan lebar 7x15 inch untuk gravel, berat pelek 8,9 kg/pcs (Tarmac) & 8,6 kg/pcs (Gravel) |
Jenis Ban | Total Aspal : Michelin Pilot Sport Campuran Aspal dengan Salju & Es : Michelin A41 Campuran Gravel dengan Salju & Es : Michelin X-ice North Total Gravel : Michelin Latitude Cross |
4. KELEBIHAN & KEKURANGAN SKODA FABIA R5 2019
Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Skoda Fabia R5 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Mobilmo.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Skoda Fabia R5 2019 ini.
Kelebihan | Kekurangan |
Terbukti sebagai mobil juara di kelas R5 | Bentuknya kurang menarik |
Salah satu mobil reli yang punya legenda | Biaya riset dan pengembangan tinggi |
Didukung penuh pabrikan Skoda | Biaya operasional tinggi |
6. DAFTAR HARGA SKODA FABIA R5 2019
Mobil Skoda Fabia R5 2019 adalah mobil spesial ini yang didesain khusus untuk beradu diajang reli kelas WRC2 atau R5. Lalu berapa kira-kira biaya riset dan pengembangan untuk mobil ini? Seperti yang kami kutip di artikel sebelumnya, biaya untuk pengembangan dan pembuatan mobil reli kelas WRC adalah sekitar USS 1 Juta atau jika dirupiahkan sekitar Rp 14,6 Milliar. Untuk mobil kelas R5 bisa berharga setengahnya Rp 7,3 milliar.
7. KESIMPULAN SKODA FABIA R5 2019
Harganya mahal, biaya operasionalnya pun demikian, apa iya layak untuk dimiliki?
Mobil ini tidaklah murah, biaya pengembangan mobil ini dapat mencapai Rp 7,3 milliar alias 50% dari biaya riset dan pengembangan mobil dikelas WRC (World Rally Championship). Harga jual dari mobil ini pun, dipastikan lebih dari Rp 8 hingga Rp 9 miliar per mobilnya. Itu belum termasuk biaya 'siluman' untuk masuk Indonesia dan juga running cost mobil ini sangat tinggi. Maka tak heran mobil kelas AP4 sangat direkomendasikan di Asia-Pasifik.
Komentar
Posting Komentar