MY CAR DESIGN (Part 1 )

                     MY CAR DESIGN (Part 1)

    

 ŠKODA FABIA 3rd generation R5 (2019)
   

 1. FITUR SKODA FABIA R5 2019 (Sistem 4x4)

Review Skoda Fabia R5 2019: Tampak Sistem AWD Skoda Fabia R5 2019

Skoda Motorsport memiliki salah satu sistem penggerak 4x4 tercanggih didunia

Sebagai mobil reli di kelas R5, sistem gerak 4x4 merupakan syarat mutlak agar dapat bersaing dikelas ini. Skoda Motorsport sebagai anak perusahaan dari VW Group memiliki salah satu sistem penggerak 4x4 tercanggih didunia. Sistem ini dapat mengoptimalkan traksi dengan membagi saluran tenaga mesin.

Pilihan Ban & Sistem Pengereman

Review Skoda Fabia R5 2019: Tampak Ban, pelek, rem Skoda Fabia R5 2019

Ban dan pelek serta sistem rem dibedakan dengan trek yang hendak dilalui

Skoda Fabia R5 2019 menggunakan setup yang dapat berbeda-beda sesuai dengan trek yang hendak dilalui. Untuk tertentu, rem keluaran Brembo yang aseli Italia dipasang dengan diameter sesuai dengan kebutuhan. Untuk penjelasan lengkapnya, kami sudah tulis di boks spesifikasi.

Suspensi

Review Skoda Fabia R5 2019: Tampak Sistem suspensi Skoda Fabia R5 2019

Suspensi Skoda Fabia R5 2019 pakai tipe 3 way suspension

Demi memaksimalkan reboundcompress, dan low speed serta high speed rebound, maka mobil reli Skoda Fabia R5 2019 ini pakai suspensi tipe 3 way yang memungkinkan setup itu semua. Maka tak heran, jika mobil reli dapat melibas berbagai kondisi jalan dengan sangat cepat dan bodi mobil seolah tidak goyang sama sekali.

2. OPERASI SKODA FABIA R5 2019

Review Skoda Fabia R5 2019: Mesin mobil Skoda Fabia R5 2019

Sistem direct injection langsung 'menyemprot' bahan bakar ke kepala piston

Banyak berbagai pertimbangan yang dilakukan oleh engineer dari Skoda Motorsport menggunakan sistem pasokan bahan bakar direct injection. Salah satunya adalah mengoptimalkan pembakaran, karena bahan bakar tidak melewati jalur apapun di ruang bakar selain ke kepala piston. Sistem ini akan membuat pembakaran lebih sempurna serta optimal, dan pada akhirnya akan membuat tenaga menjadi besar.

Review Skoda Fabia R5 2019: Tampak turbo di mesin Skoda Fabia R5 2019

Twin scroll turbocharger digunakan untuk memasok udara di mobil Skoda Fabia R5 2019

Karakteristik trek reli yang beragam, otomatis membutuhkan akselerasi mobil yang instan pula. Maka, engineer dari Skoda Motorsport juga menyematkan sistem peniup udara paksa alias turbo dengan tipe twin scroll. Twin scroll turbocharger diklaim memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan dengan sistem single scroll. Meski, membutuhkan dual wasgate, namun keunggulan fast spooling dari turbo jenis ini lebih menguntungkan di trek.

Review Skoda Fabia R5 2019: Sebuah Mesin Skoda Fabia R5 2019

Mesin direct injection 'dikawinkan' dengan girboks 5 percepatan sekuensial kerja sama dengan SADEV

Mesin direct injection buatan Skoda Motorsport yang dipasangkan ke sasis Skoda Fabia R5 2019 ini lantas dipasangkan dengan griboks sekuensial 5 percepatan hasil kerjasama dengan SADEV. SADEV adalah manufuktur pembuat transmisi khusus untuk balap asal Amerika Serikat. Girboks buatan SADEV sudah terkenal kualitas serta durabilitasnya, bahkan mampu menahan torsi hingga 800 Nm.

3. SPESIFIKASI SKODA FABIA R5 2019

Berikut ini adalah spesifikasi Skoda Fabia R5 2019.

Mesin Skoda Fabia R5 2019

Seri mesin

Turbocharger, 4 Cylinder, DOHC

Pasokan Bahan Bakar

Direct Injection

Tenaga Maksimum

281,7 Hp

Torsi Maksimum

420 Nm

Kapasitas Silinder

1.620 cc

Sistem Penggerak

4 Wheel Drive

Tipe Transmisi

5 Percepatan Skuensial Girboks by Skoda Motorsport & SADEV

Rangka Skoda Fabia R5 2019

Panjang X Lebar X Tinggi

3.994 mm X 1.820 mm X 1.467 mm

Jarak Sumbu Roda

2.470 mm

Jarak Terendah Ke Tanah

133 mm

Berat Kotor & Berat Dengan Driver

1.230 Kilogram

Kapasitas Tangki

82,5 Liter

Suspensi/Kaki-Kaki Skoda Fabia R5 2019

Suspensi Depan & Belakang

MacPherson Strut with Adjustable Damper

Sistem Kemudi

Hydraulic power-assisted rack and pinion

Rem Depan & Belakang

Disc 355 mm (Aspal) & 300 mm (Gravel) Berpendingin Udara, dengan kaliper 4 piston, tebal disc brake 32 mm

Struktur Sasis

FIA-conformant reinforced steel with welded multi-point roll cage and composite fibre bodywork components

Struktur Bodi

Steel and composite fiber panels

Handbrake

Menggunakan mekanisme hidrolik

Pelek

Light Alloy by Skoda Motorsport dengan ukuran, lebar 8x18 inch untuk trek aspal, dan lebar 7x15 inch untuk gravel, berat pelek 8,9 kg/pcs (Tarmac) & 8,6 kg/pcs (Gravel)

Jenis Ban

Total Aspal : Michelin Pilot Sport

Campuran Aspal dengan Salju & Es : Michelin A41

Campuran Gravel dengan Salju & Es : Michelin X-ice North

Total Gravel : Michelin Latitude Cross

4. KELEBIHAN & KEKURANGAN SKODA FABIA R5 2019

Setiap produk pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, pun demikian dengan Skoda Fabia R5 2019 ini. Sebagai merek terkenal, sudah tentu ada berbagai sentimen yang hadir atas mobil ini, Mobilmo.com telah memaparkan berbagai kelebihan dan kekurangan Skoda Fabia R5 2019 ini.

Kelebihan

Kekurangan

Terbukti sebagai mobil juara di kelas R5

Bentuknya kurang menarik

Salah satu mobil reli yang punya legenda

Biaya riset dan pengembangan tinggi

Didukung penuh pabrikan Skoda

Biaya operasional tinggi

6. DAFTAR HARGA SKODA FABIA R5 2019

Mobil Skoda Fabia R5 2019 adalah mobil spesial ini yang didesain khusus untuk beradu diajang reli kelas WRC2 atau R5. Lalu berapa kira-kira biaya riset dan pengembangan untuk mobil ini? Seperti yang kami kutip di artikel sebelumnya, biaya untuk pengembangan dan pembuatan mobil reli kelas WRC adalah sekitar USS 1 Juta atau jika dirupiahkan sekitar Rp 14,6 Milliar. Untuk mobil kelas R5 bisa berharga setengahnya Rp 7,3 milliar.

7. KESIMPULAN SKODA FABIA R5 2019

Review Skoda Fabia R5 2019: Ilustrasi Kesimpulan Skoda Fabia R5 2019

Harganya mahal, biaya operasionalnya pun demikian, apa iya layak untuk dimiliki?

Mobil ini tidaklah murah, biaya pengembangan mobil ini dapat mencapai Rp 7,3 milliar alias 50% dari biaya riset dan pengembangan mobil dikelas WRC (World Rally Championship). Harga jual dari mobil ini pun, dipastikan lebih dari Rp 8 hingga Rp 9 miliar per mobilnya. Itu belum termasuk biaya 'siluman' untuk masuk Indonesia dan juga running cost mobil ini sangat tinggi. Maka tak heran mobil kelas AP4 sangat direkomendasikan di Asia-Pasifik.

   
     
     
     
      
       

    

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Part 2 Kumpulan Mesin Nissan RB, Paling Ikonik Di Dunia

Mesin Nissan RB,Paling Ikonik JDM diseluruh dunia